Asraf, Bupati Kerinci Himbau Kepada Semua Pihak Agar Berpartisipasi Menghadapi Kemungkinan Bencana Hidrometeorologi

Asraf, Bupati Kerinci Himbau Kepada Semua Pihak Agar Berpartisipasi Menghadapi Kemungkinan Bencana Hidrometeorologi

Jambitoday – Pada Rabu 13 Desember 2023 apel kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana hidrometeotologi di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Pada apel tersebut Bupati Kerinci, Asraf yang turut menghadiri apel mengatakan bahwa apel siaga bencana ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan peralatan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian atas bencana alam yang kemungkinan terjadi di Kabupaten Kerinci.

“Kita harus ingat kondisi geografis, geologis dan topografi Kabupaten Kerinci yang bermacam-macam, terdiri dari daratan, pengunungan, persawahan dan perairan yang rentan dengan gangguan alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” ungkap Asraf.

Saat ini sudah memasuki peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan, yang biasa disebut dengan pancaroba khusunya di Kabupaten Kerinci sendiri. Cuaca yang tidak menentu tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadinya cuaca ekstrem yang mengakibatkan bencana hidrometeorologi.

“Sehingga penting untuk seluruh pihak harus meningkatkan kesiapsiagaan baik personil, individu maupun sumber daya peralatan yang dimiliki,” tegas Bupati Kerinci.

Asraf juga menyampaikan dengan adanya potensi peningkatan curah hujan diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan bencana hidrometeorologi. Sehingga perlu diingatkan kepada masyarakat dan semua pihak terkait, agar bersiap segera melakukan langkah pencegahan dan mitigasi terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung atau ancaman badai tropis lainnya.

Bupati kerinci tersebut menegaskan bahwa pelaksanaan apel ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana, sehingga semua pihak dapat memahami tugasnya masing-masing agar pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal. Asraf juga mengatakan bahwa perlunya sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pemahaman tentang bencana pada setiap kegiatan, agar masyarakat lebih tahu dan waspada tentang bencana alam.

“Perlunya partisipasi aktif dari Forkopimda, Forkopimcam, tokoh agama, tokoh masyarakat, relawan, wirausaha, tenaga kesehatan, agar meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik agar tercipta kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal,” tutup Asraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *