KONTOL 3

Bantuan Provinsi untuk Nelayan Banyak Tak Berfungsi

Jambitoday – Bantuan yang di salurkan dari Pemerintah Provinsi Jambi berupa peralatan untuk nelayan di Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) banyak yang tidak berfungsi dan salah sasaran.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanjabbar, Hapriansyah mengataka bahwa bantuan provinsi selain mesin ada juga pompong untuk nelayan. Adapun sejumlah pihak mempertanyakan bantuan itu tidak bisa digunakan. Sehingga hal tersebut menjadi masalah.

Hapriansyah menegaskan jika bantuan dari kabupaten selama ini tidak ada masalah. Bahkan, semua bantuan berfungsi dengan baik dan bisa digunakan sebagaimana mestinya oleh nelayan.

Hapriansyah juga menyampaikan jika sejumlah bantuan untuk nelayan di Tanjabbar yang dari provinsi tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Bahkan beredar informasi ada pungutan uang dari nelayan yang menerima bantuan provinsi. Terkait hal ini, Hapriansyah juga mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Probinsi Jambi.

Hapriansyah mengatakan langkah provinsi dalam setiap memberikan bantuan tidak berkoordinasi dengan kabupaten. Mereka memberi bantuan langsung ke kelompok penerima tanpa sepengetahuan Dinas Perikanan Tanjabbar. Hapriansyah berharap ke depannya ada koordinasi agar pemberian bantuan merata dan tidak tumpang tindih.

Seharusnya ada koordinasi dengan pihak Dinas yang punya wilayah, jika di identifikasi sama-sama kelompok ini layak atau tidak untuk menerima. Takutnya sudah duluan menerima bantuan dari kabupaten.

Hapriansyah berharap banyak adanya sinergisitas antar instansi terutama Dinas Perikana Provinsi dan kabupaten. Agar hal seperti ini tidak kembali terulang. Makanya disini antara dinas perkinan provinis dengan kabupaten terus bersinergi komunikasi agar hal-hal seperti ini tidak terjadi. Sebab, para nelayan yang menerima bantuan hanya mengetahui bantua yang diterima itu dari kabupaten badahal hal itu berasal dari provinsi. Mungkin selama ini beranggapan bantuan dari Kabupaten tapi bantuan ini dari dinas provinsi Jambi. Kalau bantuan kabupaten Insyah Allah masih berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *