Di Jambi Ada Kebun Teh Terluas Nomor Dua di Dunia

Di Jambi Ada Kebun Teh Terluas Nomor Dua di Dunia

Jambitoday – Kebun teh peninggalan Belanda ini memproduksi teh hitam dan rupanya kebun teh ini merupakan kebun the terluas nomor dua di dunia yang ternyata ada di Provinsi Jambi. Lokasi kebun teh ini dapat di tempuh melalui perjalanan darat dari Kota Jambi dengan jarak tempuh 452 km, Bisa juga dicapai dengan perjalanan dari Teluk Bayur Padang via Pesisir Selatan dengan jarak sekitar 325 km atau via Muara Labuh dengan jarak 237 km.

Teh yang di tanam di kebun teh tersebut yakni jenis teh ortodok atau Teh Hitam. Kualitas teh yang dihasilkan dari kebun teh yang berlokasi di kawasan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci itu sudah jadi langganan Ratu Belanda dan Inggris.

Kebun Teh ini adalah Kebun teh terluas kedua di dunia, lokasi kebun teh Kayu Aro juga tertinggi di Indonesia mencapai 1.600 meter diatas permukaan laut, sehingga dingingnya mencapai 17 derajat celcius dan memilki luas 3020 hektare. Selain menjadi kebun teh tempat tersebut juga kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan manca negara.

Udaranya yang sejuk kebun Kayu Aro juga cocok untuk berswafoto karena latarnya terdapat Gunung Kerinci yang menjulang tinggi. Di tempat ini para wisatawan juga bisa ikut memetik teh bersama dengan para pekerja kebun teh PTPN VI. Kebun teh ini dalam setiap tahunnya bisa menghasilkan 5.500 ton teh ortodok kelas 1 yang di ekespor ke Timur Tengah, Amerika Serikat, hingga Eropa.

Kebun teh ini adalah peninggalan Belanda pada tahun 1920 yang dilakukan perusahaan NV. HVA (Namlodse Venotchaaf Handle Veriniging Amsterdam) yang terletak di Provinsi Jambi. Kebun teh ini penanaman pertama kali dimulai pada tahun 1923 dan Pabrik Teh didirikan tahun 1925.

Kemudian pada tahun 1959, melalui PP No. 19 Tahun 1959 tentang Penentuan Perusahaan Pertanian/Perkebunan milik Belanda yang dikenakan Nasionalisasi, diambil alih Pemerintah Republik Indonesia. Sejak itu berturut-turut kebun atau unit Usaha Kayu Aro mengalami perubahan Status ataupun Organisasi dan manajemen sesuai dengan keadaan yang berlaku.

Kebun teh yang beralamat di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini berulang kali berganti nama. Di tahun 1959 sampai 1962 Unit Produksi dari PN Aneka Tanaman VI. Selanjutnya tahun 1963 sampai 1973 bagian dari PNP Wilayah I Sumatera Utara. Kemudain mulai taggal 01 Agustus 1974 menjadi salah satu Kebun dari PT Perkebunan VIII yang berkedudukan di Jalan Kartini No.23 Medan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11/1996 tanggal 14 Pebruari 1996 dan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. 165/KMK.016/1996, tanggal 11 Maret 1996, Seluruh PTP yang ada di Indonesia diadakan Konsolidasi Ex. PTP VIII dan PTP lainnya yang ada di Sumbar atau Jambi menjadi PTP Nusantara VI (Persero).

Terhitung sejak tanggal 11 Maret 1996, Kebun/Unit Usaha Kayu Aro telah merupakan menjadi salah satu Unit Kebun dari PTP. Nusantara VI (Persero). Kebun/Unit Usaha Kayu Aro terletak di Desa Bedeng VIII Kecamatan Kayu Aro Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *