Disdikbud Muarojambi Keluarkan Surat Edaran Demi Cegah Kekerasan di Lingkungan Sekolah

Disdikbud Muarojambi Keluarkan Surat Edaran Demi Cegah Kekerasan di Lingkungan Sekolah

Jambitoday – Tim penanggulangan dan pencegahan kekerasan terhadap anak di sekolah di bentuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muarojambi dan sudah di keluarkan Surat Edarannya (SE).

Disdikbud Muarojambi mengeluarkan Surat Edaran ini guna melakukan pencegahan dan langkah antisipasi terhadap tindak kekerasan terhadap anak-anak di wilayah satuan Pendidikan Muarojambi.

Kepala Disdikbud Muarojambi, Firdaus menyampaikan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh satuan pendidikan yang berada di Kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai ini.

Surat edaran tersebut memuat tentang pembentukan tim penanggulangan dan pencegahan kekerasan di satuan pendidikan di wilayah Muarojambi. Tim tersebut berdirikan dengan keanggotaan dari guru, komite dan orang tua.

Firdaus mengatakan jika nantinya satuan pendidikan juga akan dibantu dengan para siswa-siswi kelas tinggi yang akan diberikan kepercayaan untuk memantau para siswa-siswi yang berada di sekolah masing-masing pada saat jam istirahat. Sehingga, apabila terjadi pertengkaran atau kekerasan sesama anak, dia bisa segera untuk melaporkan kepada gurunya agar bisa segera diambil tindakan atau kebijakan yang tepat.

Surat Edaran ini dikeluarkan sampai dengan saat ini belum ada kejadian kekerasan di satuan pendidikan di wilayah Muarojambi yang sangat serius. Namun, ada beberapa kejadian pernah terjadi tetapi bisa diselesaikan oleh pihak sekolah secara langsung. Dengan adanya tim penanggulangan dan pencegahan kekerasan disekolah ini,diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kekerasan terhadap anak di satuan pendidikan di Muaro Jambi.

Firdaus juga menyampaikan jika pihak Disdikbud Muarojambi terus intens memberikan sosialisasi dan edukasi kepada tenaga pendidik yang berada dibawah naungan Disdikbud Muarojambi tentang pentingnya perlindungan terhadap anak disekolah.

“Kita juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang berkunjung ke satuan pendidikan kita, untuk dapat mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan di sekolah,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *