Dugaan Mark Up Pemeliharaan Jalan di Desa Bukit Bakar Dilaporkan Oleh Masyarakat

Dugaan Mark Up Pemeliharaan Jalan di Desa Bukit Bakar Dilaporkan Oleh Masyarakat

Jambitoday – Dugaan mark up pada pemeliharaan jalan di Desa Bukit Bakar, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), di laporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjabbar oleh sejumlah kelompok masyarakat.

Sekelompok masyrakat tersebut melaporkan ke Kejari Tanjabbar terkait proyek pemeliharama tiga ruas jalan di Desa Bukit Bakar, yang menelan anggaran Dana Desa mencapai Rp 526 juta. Proyek itu meliputi pemeliharaan jalan usaha tani dengan volume pekerjaan 900 meter (532 meter x 0,15 meter x 4 meter) di RT 06 dengan nilai Rp 210.156.530. Kemudian pemeliharaan dalan desa sepanjang 800 meter (430 meter x 4 meter x 0,15 meter) di RT 02 dengan nilai Rp 177.266.530. Pemeliharaan jalan usaha tani pekerjaan 900 meter (350 meter x 4 meter x 0,15 meter) di RT08 dengan dana Rp 138.848.140.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Tanjabbar, Muhammad Lutfi menanggapi terkait dugaan tersebut pihaknya tidak bisa langsung melakukan langkah penindakan, sebab ada sejumlah upaya yang harus dilakukan, yakni melalui Inspektorat Tanjung Jabung Barat. Pihaknya juga menyampaikan jika berkaitan dengan Dana Desa harus di tangani langsung oleh Inspektorat dulu, karena ada MOU antara polisi, Kejaksan dan APIP.

Muhammad Lutfi juga menyebutkan jika langkah para kelompok tani yang melaporkan ke Inspektorat pada awal November 2023 lalu sudah sangat tepat. Terlebih lagi Inspektorat merespon laporan tersebut dengan akan menurunkan timnya. Terkait Dana Desa Kejari Tanjabbar memfokuskan diri pada pembinaan terlebih dahulu. Baru setelah pembinaan dilakukan maka akan ada upaya lanjutan.

Adapun pertanyaan apakah nantinya jika hasil Inspektorat terdapat temuan kejaksaan akan turun? Muhammad Lutfi pun menyebutkan jika saat ini masih menunggu hasil dari Inspektorat Tanjabbar saat turun nanti, sebab pihaknya sendiri juga masih menunggu hasil temuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *