Meningkatnya Kasus Gigitan Hewan Peliharaan di Kota Sungai Penuh di Tahun 2023

Jambitoday – Terjadinya Kasus gigitan hewan peliharaan seperti anjing maupun kucing terhadap manusia di Kota Sungai Penuh mengalami peningkatan. Menurut data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh, sepanjang tahun 2023 ini terdapat 52 kasus gigitan hewan peliharaan terhadap manusia.

52 kasus ini termasuk jumlah yang jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu yang hanya ada 28 kasus gigitan hewan peliharaan terhadap manusia.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh, Adril mengatakan bahwa korban kebanyakan adalah anak-anak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini terjadi lantaran anak-anak sering bermain maupun menganggu hewan peliharaan.

Meskipun terjadi peningkatan namun banyak di antara kasus tersebut merupakan kasus gigitan biasa dan tidak menyebabkan terjadinya penyakit menular atau rabies.

Adril menambahkan bahwa kasus gigitan hewan peliharaan di Kota Sungai Penuh ini paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Pesisir Bukit. Pada daerah yang ada atau ditemukan kasus gigitan tersebut juga sudah dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan warga.

Adril Juga menghimbau masyarakat untuk menjauhkan hewan peliharaan dari anak-anak, terutama yang memiliki anak balita yang sering tidak sadar terkadang menyakiti hewan peliharaan agar tidak terkena gigitan maupun cakaran hewan peliharaan terutama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *