KONTOL 3

Meski Berkabut Asap, Penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi Aman

Jambitoday – Dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi memastikan bahwa jadwal penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan tetap aman, meski di daerah tersebut sudah diselimuti kabut asap. 

Executive General Manager PT Angkasa Pura (AP) II Kantor Cabang Bandara Sultan Thaha, Siswanto menyapaikan bahwa tiga hari dilanda kabut asap akibat terbakarnya hutan, penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi tetap aman. Penerbangan masih tetap aman sampai saat ini, walaupun visibility atau jarak pandang masih berada ambang batas jarak aman atau di atas 1.500 meter atau sempat berada di bawah ambang batas, namun tidak mengganggu penerbangan.

Siswanto memastikan tidak ada gangguan penerbangan selama tiga hari pasca Kota Jambi dilanda kabut asap terutama saat pagi hari. Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi didominasi pada siang hari, dimana jarak pandang berada di atas 1.500 meter.

Prakirawan BMKG Sultan Thaha Jambi, Okta Irawan mengatakan jarak pandang di Jambi cenderung berubah-ubah. Pada pagi hari jarak pandang bisa di bawah angka 1.400 meter, kemudian berangsur naik hingga mendekati 5.000 meter hingga siang hari. Sementara itu jarak pandang terendah cenderung terjadi pada malam hingga pagi hari, hal ini karena dipengaruhi oleh faktor udara dingin dan lembab. Sehingga asap bercampur dengan uap air sehingga memperkeruh dan mengurangi jarak pandang.

Sejak Senin (04/09) pagi Kota Jambi diselimuti kabut asap sehingga mengakibatkan indeks kualitas udara di daerah tersebut masuk kategori tidak sehat. Lalu kondisi ini berlanjut hingga Selasa dan Rabu pagi sehingga Pemkot Jambi juga telah menginstruksikan warga agar menggunakan masker saat beraktivitas. Bahkan pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi memberikan masker ke penumpang di bandara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *