Para Calon Rektor UNJA Ikuti Wawancara Uji Gagasan Kemendikbudristek

Jambitoday – Ada tiga orang peserta calon Rektor Universitas Jambi (UNJA) periode 2024-2028 yang mengikuti wawancara uji gagasan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang digelar secara daring. Tiga calon rektor yang mengikuti uji gagasan dari Kemendikbudristek tersebut yakni, Prof Haryadi, Prof Sutrisno dan Prof Helmi.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNJA, Taufik Yahya mengatakan jika saat ini proses pemilihan rektor UNJA telah memasuki tahap wawancara bersama Kemendikbudristek. Taufik juga menyampaikan jika wawancara uji gagasan calon rector UNJA tersebut dipimpin oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek), Prof. Nizam.

Wawancara uji gagasan dan rekam jejak calon rektor ini dilakukan agar pemimpin UNJA kedepannya bisa memiliki pemimpin yang membawa kemajuan Universitas Jambi, terutama dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun tahapan selanjutnya yaitu pemilihan langsung sesuai jadwal yang ditetapkan Kemendikbudristek. Jika sesuai jadwal, pelaksanaan pemilihan secara langsung rektor UNJA periode 2024-2028 dilaksanakan pada 22 November 2023.

Ketua Senat UNJA, Prof. Samsurizal Tan mengatakan bahwa pemilihan langsung dilakukan oleh Senat UNJA dan Mendikbudristek yang saat ini UNJA telah menerima surat kebersediaan Mendikbudristek untuk menghadiri pemilihan rektor tersbeut.

“Nantinya mendikbudristek atau pejabat yang nanti diberi kuasa Menteri telah bersedia untuk menghadiri sekaligus melakukan pemilihan Rektor UNJA periode 2024-2028 pada Rabu 22 November 2023,” ungkap Prof. Samsurizal.

Perwakilan Ditjen Diktiristek, Suwitno menerangkan jika seluruh calon rektor sudah menandatangani surat deklarasi damai untuk menjaga kesepakatan saat melaksanakan proses pemilihan rektor agar terlaksana dengan aman. Pihaknya pun berharap dari seluruh proses yang telah dijalankan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan yang akan terjadi nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *