Pejabat Utama Polda Jambi Bambang Yugo Pamungkas Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Pejabat Utama Polda Jambi Bambang Yugo Pamungkas Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Jambitoday – Pada Sabtu 23 Dessember 2023, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar wisuda Periode II Tahun Akademik 2023/2024.

Dr. Bambang Yugo Pamungkas, SH, SIK, M.Si adalah salah satu wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah. Bambang Yugo Pamungkas merupakan anggota Polri dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes), dan menjadi satu dari sepuluh wisudawan dari program doktoral UMS.

Bambang Yugo Pamungkas menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi, di mana sebelumnya Bambang Yugo Pamungkas dimutasi dari jabatan Kapolresta Denpasar Polda Bali. Keberhasilan Bambang menyelesaikan studi doktoralnya tentu merupakan prestasi membanggakan, di tengah kesibukannya bertugas sebagai anggota Polri.

Bambang Yugo Pamungkas berhasil menyelesaikan pendidikan doktoralnya di bidang Ilmu Hukum dengan predikat cumlaude. Bambang Yugo Pamungkas mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sejak tahun 2020 lalu dan resmi menyandang gelar doktor setelah menyelesaikan sidang terbuka dan dinyatakan lulus dari Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Disertasi yang berjudul ‘Penegakan Hukum Kejahatan Korporasi Partai Politik dalam Perspektif Hukum Profetik di Indonesia’ berhasil mengantarkan kelulusannya saat sidang terbuka dengan IPK 3,78, dan menjadi doktor ke-72 dari PDIH UMS.

Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan telah melaksanakan sidang terbuka doktor atas nama Bambang Yugo Pamungkas. Pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi, disamping lulus tepat waktu capaian prestasi dalam bentuk IPK yang bagus.

Bambang Yugo Pamungkas mengungkapkan rasa syukurnya telah menyelesaikan Ujian Terbuka Doktor. Terkait penelitian yang telah dilakukan, penyelenggara negara dan penegak hukum dapat melaksanakan apa yang menjadi misi dari hukum profetik transendental terutama dalam hal kenabian. Ada empat aspek yang harus diperhatikan, dengan memiliki nilai Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah.

Bambang Yugo Pamungkas berharap anggota kepolisian lainnya bisa mengikuti dalam mengenyam pendidikan di luar kepolisian dan pendidikan umum, sehingga bisa mengembangkan pola pikir, mengembangkan cara bertindak, dan lebih dekat dengan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *