Pemerintah Pusat Berikan Suntikan Dana 36 Miliar Untuk Dinas PUPR Muarojambi

Pemerintah Pusat Berikan Suntikan Dana 36 Miliar Untuk Dinas PUPR Muarojambi

Jambitoday – Suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada bidang jalan dan irigasi serta Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat di berikan untuk Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Dimana Suntikan dana yang diterima oleh Dinas PUPR Kabupaten Muarojambi dari Pemerintah Pusat tersebut berjumlah sekitar Rp. 36 miliar.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muarojambi, Yultasmi menyampaikan jika suntikan dana DAK yang didapatkan tersebut nantinya akan di pergunakan untuk Bidang Bina Marga (BM) dan juga pengairan.

Yultasmi menyampaikan bahwa tidak hanya DAK yang di berikan, namun ada juga bantuan dari Pemerintah Pusat berupa Dana Bagi Hasil CPO atau DBH Kelapa Sawit. Dimana dana tersebut nantinya akan di bagi untuk bidang BM lebih kurang sebesar Rp16 M, Pegairan lebih kurang sebesar Rp4 M dan Dana Bagi Hasil CPO lebih kurang Rp16 M.

Yultasmi menymapaikan jika bantuan dana DAK sebesar Rp.16 miliar di Bidang Bina Marga tersebut diperuntukan untuk pembangunan dua ruas jalan Kabupaten Muarojambi, yang salah satunya untuk pembangunan jalan menuju kawasan wisata dan juga kawasan perikanan. Adapun pembangunan jalan menuju wisata itu di Desa Tanjung Lanjut untuk akses menuju wisata Danau Tangkas. Lalu pembangunan jalan di Desa Kota Karang untuk menuju kawasan Perikanan.

“ Bantuan DAK di Bidang Pengairan, nantinya diperuntukan untuk melakukan pemeliharaan jaringan normalisasi DIR Desa Tangkit dan juga DIR Kumpeh, yang mana itu langsung ditunjuk oleh Kementerian,” ungkap Yutasmi.

Bantuan dana bagi hasil CPO nantinya akan diperuntukan untuk pembangunan ruas jalan di wilayah Sungai Bahar dan Mestong. Untuk wilayah penanganan ini telah melalui identifikasi, verifikasi dan validasi serta persetujuan dari tim teknis Kementerian PUPR RI. Sebab di lokasi tersebut banyak perkebunan kelapa sawit.

Yultasmi menyampaikan bahwa Bupati Muaro Jambi juga turut mengintruksikan agar pihak Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi untuk terus meningkatkan koordinasi dengan intansi terkait, agar pembangunan Infrastruktur di wilayah Kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai ini tetap mendapat alokasi anggaran penanganan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Selain itu juga berkoordinasi dengan Kementerian untuk mendapat alokasi APBN terutama untuk lanjutan penanganan reservasi jalan daerah melalui alokasi dana inpres 2024.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *