Pemkab Kerinci dan BWSS VI Jambi Bahas Penyebab Banjir Bersama

Pemkab Kerinci dan BWSS VI Jambi Bahas Penyebab Banjir Bersama

JambitodayBalai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI Jambi, – Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci dalam waktu dekat ini akan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) dalam menentukan penyebab banjir dan longsor di Kabupaten Kerinci.

Bupati Kerinci, Asraf mengatakan jika ia telah bertemu dengan kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi. Hasilnya, untuk normalisasi sungai, penyebab banjir dan longsor akan dilakukan FGD. Pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi ini akan mengelar FGD dan akan mengundang seluruh tokoh-tokoh dan para ahli di bidangnya dan biarkan mereka yang akan menjelaskan apa penyebab banjir dan longsor di Kabupaten Kerinci.

Asraf mengatakan jika keputusan FGD nanti bisa secara konferensip dengan Kota Sungai Penuh untuk ditindaklanjuti. Selain itu, Asraf juga sudah ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan proposal terkait dengan fasilitas yang telah rusak, tetapi yang termasuk aset.

Bupati Kerinci menyampaikan jika proposal sudah masuk, tinggal melengkapi dengan membentuk Tim Jitu Pasnah (Kajian Kebutuhan Pasca Bencana) nanti mereka yang akan menghitung berapa kebutuhan dan kerusakan yang dialami pasca banjir.

Asraf juga menyebutkan yang tidak termasuk di dalam aset itu merupakan tanggungjawab Pemerintah Daerah, baik Kabupaten, Provinsi dan Kementerian yang akan memperbaikinya. Pihaknya juga sudah bertemu dengan pak Jusuf Kalla saat memberikan bantuan di Desa Koto Petai, pak Jusuf Kalla mengatakan bahwa pihak PLTA juga sudah menyanggupi untuk alat-alat yang ada di PLTA silakan di pakai untuk normalisasi sungai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *