Pemukiman Warga dan Jalanan Terendam Air, Akibat Danau Kerinci Meluap

Pemukiman Warga dan Jalanan Terendam Air, Akibat Danau Kerinci Meluap

Jambitoday – Akibat meluapnya air Sungai Batang Merao yang menyebabkan Banjir di Kabupaten Kerinci terus meluas. Setelah wilayah hulu dan tengah dilanda banjir kini juga terjadi di wilayah Kerinci bagian hilir. Yang mana belum lama ini terjadi banjir di Desa Hiang dan Penawar, Kecamatan Setinjau Laut, akibat meluapnya Sungai Batang Sangkir.

Dr. Akmaludin, S.T., M.T yang merupakan seorang Dosen Universitas Gajah Mada (UGM) Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik UGM mengatakan jika Kabupaten Kerinci yang topografinya berupa perbukitan sangat rawan sekali terkena banjir bandang. Hujan lebat di hulu saat ini dengan cepat berdampak pada meluapnya sungai di sepanjang Lembah Kerinci. Warga di harapkan untuk lebih waspada khusunya bagi setiap desa yang dilewati oleh sungai.

Menurut Dr. Akmaludin, S.T., M.T penyebab sebagian desa dan ruas jalan di pinggir Danau Kerinci mulai tergenang banjir dikarena Danau Kerinci sebagai bendungan alami yang hanya punya dua tempat keluarnya air. Akibat keluarnya air yang terbatas tersebut sedangkan debit air yang masuk semakin banyak dan saat ini tinggi air di danau Kerinci pun sudah naik setinggi 2 meter. Dampaknya sungai akan semakin mudah untuk meluap. Perkiraan curah hujan masih akan terus berlangsung dalam beberapa hari ke depan yang artinya waktu surutnya air pun bisa semakin lama.

Akmaludin menjelaskan bahwa urutan bencana banjir Kerinci yang terjadi saat ini disebabkan curah hujan yang tinggi membuat Sungai Batang Merao dan sungai-sungai lain meluap. Danau Kerinci masih normal dan muka air danau naik (terbendung karena besarnya air yang masuk), debit keluar masih kecil, desa sepanjang Batang Merangin masih aman.

Seiring naiknya air Danau Kerinci, maka debit yang mengalir ke Batang Merangin juga makin besar. Dampaknya, desa – desa sepanjang Batang Merangin mulai tenggelam.

Akmaludin menyampaikan bahwa Pulau Sangkar sudah tenggelam dan setelah ini, siap-siap desa lebih hilir dari Batang Merangin seperti Tamiai dan akhirnya termasuk Kabupatrn Merangin akan menerima banjir kiriman. Lambannya aliran air di sepanjang Batang Merangin seperti kelokan sungai perlu dicek supaya aliran air bisa lebih lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *