Penanganan Karhutla di Jambi dan Kalimantan Selatan Di Tetapkan Sebagai Percontohan Oleh KLHK

Penanganan Karhutla di Jambi dan Kalimantan Selatan Di Tetapkan Sebagai Percontohan Oleh KLHK

Jambitoday – Provinsi Jambi dan Kalimantan Selatan di jadikan sebagai proyek percontohan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara terpadu dan terencana oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Hanif Faisol Nurofid menyampaikan bahwa pada saat menghadiri rapat koordinasi penaanggulangan karhutla di Jakarta kedua provinsi ini di jadikan project pilot (proyek percontohan) di dalam penanggulangan karhutla secara terpadu strategi atau berencana. Rencana itu dilatarbelakangi keberhasilan Provinsi Jambi dan Kalimantan Selatan dalam menangani kasus karhutla.

Hal tersebut dibuktikan dengan kondisi karhutla yang dinilai telah berhasil dikendalikan dan luas lahan yang terbakar juga mengalami penurunan dari puluhan ribu hektare menjadi hanya 1.200 hingga 1.600 hektare.

“Yang jelas kita berbicara bukti ya evidence (bukti) dari luasan dan di angka puluhan hektare tahun ini Jambi berhasil menekan sampai 1.600 atau 1.200 hektare. Angka tersebut yang sangat kecil ternyata upayanya juga kordinasi rutin mulai dari langkah yang dilakukan.” ungkap Hanif Faisol Nurofid.

Hanif Faisol Nurofid juga menyebutkan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan berkurangnya karhutla di Jambi, yakni adanya pencegahan minat pada masyarakat untuk membakar dan menjaga objek untuk tidak mudah terbakar. Dua hal ini sudah komplit dan upaya-upaya yang dilakukan sangat komprehensif mulai dari penanganan darat dan udara, termasuk juga dukungan-dukungan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) yang berstrategi. Sehingga di Jambi penggunaan TMC dioptimalkan pada titik karhutla itu terjadi tidak asal tebar garam tetapi sudah memproyeksikan arah angin dan kecepatan anginnya sehingga penebaran potensi awan itu bisa diarahkan ke lokasi terjadinya karhutla.

Hanif Faisol Nurofid mengaku bahwa kondisi udara di Provinsi Jambi sangat erat dipengaruhi oleh kondisi udara provinsi tetangganya, yaitu Sumatera Selatan. Namun, upaya yang telah dilakukan oleh Provinsi Jambi dinilai telah komprehensif dan akan dirumuskan menjadi program.

 “Kalau semua terencana apalagi dengan pola tahunan El Nino yang katakan 4-5 tahunan sepertinya kita sudah sangat siap. Mudah-mudahan tahun depan ya kita akan tekan habis dengan kondisi ini,” Tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *