Penuhi Kelengkapan Kendaraan, Sebab aka ada Operasi Siginjai Yang di Gelar Oleh Polres Bungo

Penuhi Kelengkapan Kendaraan, Sebab aka ada Operasi Siginjai Yang di Gelar Oleh Polres Bungo

Jambitoday – Polres Bungo akan melakukan razia perlengkapan kendaraan kendaraan bagi pengguna jalan dalam menyambut puasa Ramadhan 1445 H. Kegiatan akan dimulai dengan pelaksanaan apel pasukan operasi keselamatan Siginjai tahun 2024 yang dilaksanakan di Mapolres Bungo pada hari Senin 04 Maret 2024.

Wakapolres Bungo, Kompol. Roslinda, RM yang akan memimpin langsung apel Gabungan tersebut dan dihadiri oleh sejumlah perwira serta instansi terkait lainnya. Kompol. Roslinda mengatakan bahwa apel gabungan operasi Siginjai tersebut melibatkan personil Polres Bungo, anggota TNI Kodim 0416/Bute, Subdenpom Bungo, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bungo.

Kompol. Roslinda membacakan amanat Kapolda Jambi diantaranya bahwa operasi keselamatan tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Selain itu, untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang berimplikasi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan terbentuknya opini positif serta citra tertib dalam berlalu lintas di Provinsi Jambi.

Operasi Keselamatan Siginjai 2024 ini merupakan Operasi Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif saat menyambut bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, yang berfokus pada kegiatan premtif dan preventif serta teguran menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

Ada 8 prioritas sasaran penindakan pelanggaran lalulintas yang menjadi atensi pada pelaksanaan operasi keselamatan Siginjai tersebut, seperti :

  1. Penggunaan ponsel saat berkendara.
  2. Berbonceng lebih dari satu.
  3. Melawan arus
  4. Melebihi batas kecepatan.
  5. Kendaraan over deminsion dan over loading (odol)
  6. Menggunakan knalpot tak sesuai spektek.
  7. Menggunakan lampu strobo atau sirine.
  8. Menggunakan plat nomor khusus atau rahasia.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 04 sampai dengan 17 Maret 2024. Dengan melibatkan personel dari Polres Bungo dengan dukungan dari perkuatan personil TNI, Dishub, serta instansi terkait lainnya.

Kompol. Roslinda berharap dengan dilaksanakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas ini dapat meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran serta fatalitas laka lantas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *