Perlu Kesiapan Semua Pihak Dalam Mengembangkan Destinasi Wisata di Muarojambi

Perlu Kesiapan Semua Pihak Dalam Mengembangkan Destinasi Wisata di Muarojambi

Jambitoday – Mohd. Indrawan Husairi merupakan sosok putra daerah, dirinya kembali ke daerah dan membangun daerah merupakan bagian dari dirinya. Mohd. Indrawan Husairi merupakan keluarga besar Pesantren As’ad Jambi, serta pemimpin muda yang punya kepedulian untuk membangun Jambi.

Dirinya berkonsentrasi untuk penguatan pesantren, kelompok pemuda dan UMKM, Mohd. Indrawan Husairi sangat peduli pada peningkatan wisata dan hospitality di kawasan Jambi. Sebab menurutnya wisata Jambi sangat potensial untuk mengembangkan perekonomian daerah, secara signifikan.

Beberapa destinasi wisata seperti Situs Muarojambi, Geopark Merangin, Wisata Alam Kerinci serta beberapa destinasi wisata lainnya yang sangat kaya di Provinsi Jambi, bisa dikembangkan sebagai paket wisata lengkap dengan menggabungkan antara wisata lokasi, fashion dan kuliner yang saling terkoordinasi.

Sehingga untuk mencapai gagasan tersebut perlu ada kesiapan dari semua pihak, baik pemerinntah, pelaku UMKM hingga warga sekitar. Mohd. Indrawan Husairi berkolaborasi dengan beberapa pihak, menyiapkan beberapa paket bantuan pelatihan, yang ditujukan untuk warga di sekitar kawasan wisata. Agar dengan demikian ada kesinambungan dan proses peningkatan sumber daya, supaya siap dengan pengembangan potensi ekonomi.

Mohd. Indrawan Husairi menyampaikan untuk paket pelatihan Mobile Training Unit (MTU) Kawasan ditunjukan kepada masyarakat sekitar destinasi wisata (Muarojambi, Merangin, Kerinci) untuk lebih memaksimalkan potensi wisata yang ada. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dalam aspek hospitality, serta pengembangan produk dan cara mengelola potensi ekonomi di tingkat local.

Sebab menurut data dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi (November 2021), mengungkapkan bahwa sektor pariwisata menjadi sektor alternatif untuk menarik ekonomi yang signifikan. Pada Triwulan IV-2021, sektor yang masih dominan mendorong pertumbuhan adalah pertambangan, pertanian serta industri pengolahan. Hal ini, karena permintaan atas batu bara, karet dan sawit (CPO) masih sangat tinggi di level komoditas global. Sebelumnya, pada triwulan III-2021, sektor ekonomi Jambi mengalami peningkatan atau akselerasi sekitar 5,91 persen (yoy), atau tumbuh dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yakni 5,39 persen. Yang artinya, realisasi pertumbuhan tercatat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan III-2020 yang terkontraksi 0,99 persen (yoy). Sedangkan, pertumbuhan ekonomi Jambi, pada triwulan III-2021 juga lebih baik dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional 3,51 persen.

Meurut hasil kajian dari Bank Indonesia, menyebutkan bahwa sektor pariwisata bisa menjadi sektor andalan yang bisa meningkatkan pemasukan ekonomi secara signifikan di Jambi dan sekitarnya. Sebab pada November 2023 lalu, juga diselenggarakan ‘Kenduri Budayo’ hasil kolaborasi dari berbagai pihak. Agenda Kenduri Budayo ini dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi wisata dari Provinsi Jambi, serta menjadi kampanye untuk penguatan brand wisata dari kawasan ini.

Adapun menurut data Travel and Tourism Development Index (TTDI), mengungkap jumlah wisatawan sudah mulai meningkat meskipun belum kembali kepada angka sebelum masa pandemi. Data di Jambi, pada September 2023, tingkat penghunian kamar hotel berbintang mencapai 56,21 persen atau meningkat 2,14 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Mohd. Indrawan Husairi berharap agar pelatihan-pelatihan yang disiapkan untuk pengelolaan wisata, bisa berdampak signifikan kepada perekonomian warga di kawasan Jambi. Ia mengungkapkan, bahwa sektor ekonomi wisata situs, fashion serta kuliner menjadi bagian penting untuk pengelolaan wisata masa kini. Halal tourism, atau turisme halal yang terintegrasi antara lokasi, kuliner dan fashion serta merchandise sekarang ini menjadi tren wisata dunia. Dengan penguatan kesiapan warga untuk menangkap peluang ekonomi wisata, Mohd. Indrawan Husairi berharap ekonomi warga Jambi bisa meningkat dan menjadi lebih sejahtera kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *