Polda Jambi Didemo Mahasiswa, Buntut Pembubaran Paksa Massa Aksi di PT FPIL

Jambitoday – Polda Jambi di datangi oleh puluhan massa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa dan warga melakukan aksi demo di depan Polda Jambi. Senin (24/7/2023). Aksi tersebut dilakukan buntut pembubaran paksa tim gabungan Polda Jambi kepada warga Dusun Pematang Bedaro Kecamatan Kumpeh Ulu, Muaro Jambi yang memblokir jalan utama perusahaan PT FPIL.

Salah satu korlap aksi demo dari mahasiswa ini mengatakan massa hanya meminta keadilan kepada Polda Jambi atas warga Kumpeh yang tertindas dalam aksi pembubaran paksa saat memblokir jalan di PT FPIL. “Kami nih hanya seorang rakyat kecil paak jangan ditindas semena-mena, dimana hati nurani yang katanya melindungi masyarakat,” ujarnya saat orasi. 

Seorang mahasiswa lainnya menyampaikan bahwa Polda Jambi telah melakukan tindakan represif terhadap warga kumpe yang melakukan pemblokiran jalan PT FPIL. Tidak hanya itu, mereka juga menyampaikan bahwa petugas dilapangan diduga juga telah melalukan tindakan kriminalisasi terhadap warga yang menuntut haknya atas tanahnya.  Ia melihat negara telah merdeka 17 Agustus 1945, namun warga Kumpeh belum mendapatkan kemerdekaannya atas tanah, bumi, bangunan dan air. 

“Hari ini kami menuntut hak – hak kami, menuntut tanah-tanah kami dan menuntut hak hak kami menyampaikan pendapat,” jelasnya.  Tidak hanya itu tuntutan massa dalam aksi demo di Polda Jambi ini yakni hentikan kriminalisasi dan intimidasi terhadap Warga Pematang Bedaroh yang berkonflik dengan PT FPIL kemudian meminta cabut perizinan PT FPIL yang melakukan kejahatan manusia. Hingga berita ini diturunkan, massa masih melakukan aksi demo di depan Polda Jambi. (Kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *