Polisi Tangkap Lima Pencuri Baterai Tower Milik PT Telkomsel di Jambi

Polisi Tangkap Lima Pencuri Baterai Tower Milik PT Telkomsel di Jambi

Jambitoday Komplotan pencuri baterai tower milik PT Telkomsel, di tangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Merangin, pada Jumat 26 Januari 2024 pukul 23.30 WIB.

Pegawai PT Telkomsel yang biasa melakukan pengecekan baterai CDC yang berada di Jalan Sepat RT07, Desa Muara Delang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, pegawai PT Telkomsel tersebut mendapati 1 Bank yang berisi 24 baterai CDC sudah tidak ada lagi.

Lantas pegawai PT Telkomsel pun menanyakan kepada bagian perawatan baterai CDC. Setelah ditanyakan, bahwa baterai CDC pada bulan Desember 2023 masih ada. Atas kejadian tersebut PT Telkomsel mengalami kerugian sebesar Rp 72 juta untuk 1 Bank yang berisi 24 baterai CDC.

Kapolres Merangin, AKBP Ruri Roberto mengatakan setelah mendapatkan laporan tersebut pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Salah satu teknisi yang memiliki akses untuk membuka bagian tempat baterai itu sedang berada di BTS Tower Telkomsel Pasar Atas Bangko.

AKBP Ruri Roberto menyampaikan pencuri baterai tower milik PT Telkomsel tersebut berinisial H 27 tahun yang langsung diamankan pihak kepolisian pada 30 Januari 2024. Pencuri baterai tower milik PT Telkomsel tersebut tidak sediri saat melakukan aksinya, dia dibantu oleh temannya yang berinisial AS 28 tahun dan HP 33 tahun.

AKBP Ruri Roberto menyampaikan jika saat menerima laporan, tim langsung bergerak cepat mengamankan mereka, yang saat itu sedang berada di basecamp teknisi tower di belakang Rumah Sakit Andimas, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin. Saat diinterogasi, para pencuri baterai tower milik PT Telkomsel ini mengakui perbuatannya.

Polres Merangin pun kembali mendapatkan laporan bahwa baterai tower milik PT Telkomsel yang berada di Desa Pulau Aro, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pun hilang dicuri. Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Merangin pun kembali melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

AKBP Ruri Roberto menjelaskan berdasarkan dari keterangan para pencuri ini yang mencuri baterai tower milik PT Telkomsel ini adalah rekan mereka sendiri yang masih 1 tim kerja sebagai teknisi tower.

Pihak kepolisian langsung mencari keberadaannya yang identitasnya sudah diketahui usai mendapatkan laporan tersebut. Tak membutuhkan waktu lama, pencuri baterai tower milik PT Telkomsel berinisial IRH 40 tahun dan SA 30 tahun berhasil diamankan di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Kasi Penmas Polres Merangin, Aiptu Ruly mengatakan saat ini para pencuri baterai tower milik PT Telkomsel sedang dilakukan pemeriksaan secara maraton guna mengungkap peran meraka masing-masing.

Aiptu Ruly menyampaikan jika barang yang dicuri ini bukan barang yang mudah ditemukan di pasaran. Karena itu penyidik masih mendalami, kemungkinan ada keterlibatan pihak lain juga.

Atas perbuatannya, para pencuri baterai tower milik PT Telkomsel ini dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman penjara diatas 5 tahun.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *