Pulau Terapung Yang Hanyut di Danau Kerinci seluas 1,5 Hektare Terus Bergerak

Pulau Terapung Yang Hanyut di Danau Kerinci seluas 1,5 Hektare Terus Bergerak

Jambitoday – Akibat terbawa arus, Pulau Terapung dengan luas sekitar 1,5 hektare yang hanyut di Danau Kerinci hingga saat ini terus bergerak. Pulau terapung yang dalam bahasa Kerinci disebut Kumpa, telah bergeser di antara Pentangen dan Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci. Pulau terapung atau Kumpa tersebut masih berada di wilayah Koto Tengah Seleman, Kecamatan Danau Kerinci.

Kapolsek Danau Kerinci AKP, Edi Mardi mengatakan bahwa kumpa tersebut terus bergeser karena tiupan angin di Danau Kerinci. Kumpa yang lama sudah dihancurkan, sedangkan yang baru sekarang posisi antara Pentagen dan Sanggaran Agung.

Edi Mardi menyampaikan jika dalam waktu dekat pihaknya akan mengalakkan masyarakat untuk bergotong royong menghancurkan kumpa tersebut dan dibawa ke pinggir.

Bupati Kerinci, Asraf bersama forkopimda telah melakukan pengecekan kumpa atau pulau terapung di perairan Danau Kerinci. Asraf menyampaikan terkait dengan pulau terapung ini Pemerintah Kabupaten Kerinci akan mencari solusi untuk mengantisipasi supaya kumpa tersebut tidak menyeret alat penangkap ikan nelayan tiga Desa Seleman.

Bupati Kerinci juga menyampaika jika Pemerintah Kabupaten beserta Polres Kerinci dan Kodim 0417 Kerinci akan mencari solusi terbaik menangani masalah kumpa agar tidak mengarah kepada jembatan Danau Kerinci.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *