Ratusan Hektar Sawah Petani Gagal Panen

Ratusan Hektar Sawah Petani Gagal Panen

Jamboitoday – Terdampak el nino (fase hangat), Ratusan hektar lahan persawahan padi milik warga Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi gagal panen. Akibat pengaruh el nino tersebut, tercatat 114 hektar lahan petani padi gagal panen atau fuso. Sawah yang gagal panen itu diantaranya berada di Desa Tanjung Aur, Seberang seluas 49 hektar dan Desa Malako Intan seluas 65 hektar.

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Tebo, M. Ziadi mengatakan jika cuaca el nino ini terjadi pada bulan September lalu, pihaknya juga masih menunggu laporan dari desa lain, terkait dampak el nino tersebut. Dari seribuan hektar, yang fuso atau gagal panen ada 114 hektar. Tapi kami masih menunggu ada juga dari Sumay, laporannya belum masuk. Pihaknya memastikan jika nantinya ada bantuan kalau itu ada dampak dari el nino. Tergantung petaninya mau menanam kapan.

M. Ziadi juga menyampaikan jika ada persediaan bantuan benih yang akan diberikan Pemerintah Provinsi Jambi. Semua bantuan itu untuk disalurkan kepada desa atau kelompok tani sesuai waktu penanamannya.

“Petani yang terdampak el nin jika ingin menanam tahun depan, maka Pemkab Tebo akan memberikan bantuan benih padi dari pemerintah pusat. Bantuan ini lumayan untuk memenuhi kebutuhan kelompok tani di Kabupaten Tebo,” tutup M. Ziadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *