Rumah Warga Yang Terendam Banjir di Muarojambi Kian Bertambah

Rumah Warga Yang Terendam Banjir di Muarojambi Kian Bertambah

Jambitoday –Beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Muarojambi di terjang banjir yang merendam ribuan rumah warga. Menurut data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi, pertanggal 22 Januari setidaknya ada sekitar 2.097 rumah warga yang dilaporkan terendam banjir.

Sekretaris BPBD Kabupaten Muarojambi, Dodi Dorista menyampaikan bahwa ribuan rumah yang terendam banjir itu berada di 74 Desa yang ada di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai ini. Berdasarkan data yang masuk hingga saat ini, sebanyak 74 Desa dengan 2.097 rumah terendam dan sekitar 7.543 KK warga yang terdampak banjir.

Dodi Dorista mengatakan adapun 74 Desa yang terdampak banjir tersebut tersebar di enam Kecamatan yang ada di Kabupaten Muarojambi. Enam Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Sekernan, Marosebo, Jambi Luar Kota (Jaluko), Taman Rajo, Kumpeh dan Kecamatan Kumpeh Ulu. Untuk jumlah rumah yang terendam juga paling banyak di Kecamatan Kumpeh yang berjumlah sekitar 1.087 rumah, disusul dengan Kecamatan Taman Rajo yang berjumlah sebanyak 300 rumah.

Dodi Dorista menyampaikan bahwa selain rumah beberapa fasilitas lain yang juga ikut terdampak. Fasilitas lain yang di sebutkan berupa sekolah, tempat ibadah, kantor Desa, lahan Perkebunan maupun pertanian warga. Jumlah penduduk yang mengungsi yaitu berjumlah 12 KK rumah yang berada di Kecamatan Jaluko,Taman Rajo dan Kecamatan Kumpeh Ulu. Untuk tinggi muka air saat ini berada di angka 14,85 m.

Adapun puluhan Desa yang terdampak banjir, berdasarkan data yang di peroleh dari BPBD Kabupaten Muaro Jambi sebagai berikut :

  1. Kecamatan Sekernan, 11 Desa terdampak banjir dan 229 rumah yang terendam.
  2. Kecamatan Maro Sebo, 10 Desa terdampak banjir dan 51 rumah yang terendam.
  3. Kecamatan Jaluko, 11 Desa terdampak banjir dan 194 rumah terendam.
  4. Kecamatan Taman Rajo, 9 Desa terdampak banjir dan 300 rumah yang terendam.
  5. Kecamatan Kumpeh Ulu, 16 Desa terdampak banjir, 236 rumah yang terendam.
  6. Kecamatan Kumpeh, 17 Desa terdampak banjir dan 1.087 rumah yang terendam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *