KONTOL 3

Sejarah Singkat Perjalanan Isra Miraj Yang Merupakan Peristiwa Penting Dalam Kalender Islam

Jambitoday – 08 Februari 2024 menjadi peristiwa penting dalam kalender Islam. Sebab, seluruh umat islam memperingati Isra Miraj di mana pada waktu tersebut Nabi Muhammad SAW menerima perintah Sholat langsung dari Allah SWT.

Adapun sejarah singkat Isra Miraj Nabi Muhammad SAW adalah, Peristiwa Isra Miraj terjadi pada 27 Rajab tahun 621 masehi. Pada malam itu Nabi Muhammad SAW berada di Al Hati dekat Ka’bah. Kemudian malaikat Jibril datang menghampiri Rasulullah dan membelah dadanya, lalu malaikat Jibril membersihkan dada Rasulullah dan dibersihkan dengan air zam-zam. Lalu, didatangkan lah burok ke dekat Nabi Muhammad SAW dan beliau pun menaikinya. Malaikat Jibril mendampingi Rasulullah mengendarai buraq menuju Masjidil Aqsa di Palestina.

Dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW, melewati beberapa tempat yaitu Madinah, Madyan, Tursina dan Betlehem. Sesampainya di Masjidil Aqsa Rasulullah melaksanakan salat dua rakaat, setelah salat Beliau pun keluar dari masjid. Datanglah malaikat Jibril membawa bejana berisi khamar dan bejana berisi air susu, Nabi Muhammad lalu memilih bejana yang berisi air susu.

Malaikat Jibril kemudian berkata: “Engkau telah memilih yang sesuai dengan fitrah.”

Perjalanan Nabi Muhammad SAW dan malaikat Jibril yang Mikraj dari Masjidil Aqsa ke langit ketujuh dan sidratul muntaha. Perjalanannya dimulai dari Masjidil Aqsa naik lalu ke langit dunia. Di langit yang pertama Rasulullah dan malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Adam. Nabi Adam AS lalu menyambut Nabi Muhammad SAW dan mendoakan kebaikan untuknya. Rasulullah dan malaikat Jibril melanjutkan perjalanan ke langit kedua dan bertemu dengan Nabi Yahya AS dan Nabi Isa AS. Mereka pun menyambut Nabi Muhammad SAW dan mendoakan kebaikan untuknya. Mereka melanjutkan perjalanan ke langit ketiga dan bertemu dengan Nabi Yusuf AS. Beliau pun mendoakan kebaikan untuknya.

Di langit keempat Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi Idris AS, di langit kelima bertemu dengan Nabi Harun AS, di langit keenam bertemu dengan Nabi Musa AS, dan di langit ketujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim AS. Di langit ketujuh Rasulullah dan malaikat Jibril naik ke sidratul muntaha yang di dalamnya terdapat empat sungai. Kemudian naik ke Mustawa dan bertemu dengan Allah SWT. Diperintahkan umat Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan salat 50 kali sehari semalam.

Rasulullah turun sampai langit keenam bertemu Nabi Musa AS. Lalu Nabi Musa AS menyuruh Rasulullah agar meminta keringanan dengan alasan bahwa umat Nabi Muhammad tidak akan sanggup melaksanakannya. Setelah itu Nabi Muhammad turun lagi dan bertemu dengan Nabi Musa kemudian menyarankan untuk meminta keringanan kembali karena umat Nabi Muhammad tidak akan sanggup untuk mengerjakannya. Kemudian Rasulullah naik lagi dan meminta keringanan lagi dan beberapa kali Rasulullah bertemu dengan Nabi Musa AS dan kembali meminta keringanan kepada Allah. Sehingga akhirnya Allah memberikan keringanan menjadi salat lima kali saja dalam sehari semalam. Setelah menerima perintah salat, akhirnya Nabi Muhammad dan malaikat Jibril turun ke bumi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *