Serbu Kantor Bupati Muarojambi Puluhan Emak-Emak Sungai Bungur Minta Kades Diberhentikan

Serbu Kantor Bupati Muarojambi Puluhan Emak-Emak Sungai Bungur Minta Kades Diberhentikan

Jambitoday – Pada Rabu 13 Desember 2023, Puluhan masyarakat yang di dominasi emak – emak melakukan unjuk rasa di Kantor Bupati Muarojambi. Aksi unjuk rasa masyarakat tersebut dilakukan sekelompok massa yang mengatasnamakan warga Desa Sungai Bungur Kecamatan Kumpeh, Muarojambi.

Puluhan massa yang mayoritas di dominasi emak-emak tersebut itu melakukan unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan mereka kepada Bupati Muarojamb.

Sayuti, salah satu massa yang mengikuti unjuk rasa tersebut mengatakan jika maksud kedatangan dirinya berserta rombongan melakukan unjuk rasa di kantor Bupati Muarojambi sebab ingin menyampaikan aspirasi dari masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten untuk segera memberhentikan kepala Desa Sungai Bungur.

Sayuti menyampaikan alasan tuntutan pemberhentian ini di dasari bukan hanya hanya sekedar tuntutan semata, namun disertai dengan beberapa alasan. Salah satu nya karena Kepala Desa Sungai Bungur yang diduga tidak berdomisili di desa tersebut, jarang masuk kantor saat jam kerja, mengintimidasi dan mengkriminalisasi warga, sehingga meresahkan warga atau masyarakat dan ada pula beberapa alasan – alasan lainnya.

Sayuti juga menyampaikan jika masyarakat sudah merasa resah dan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi untuk segera memberhentikan kepala Desa Sungai Bungur tersebut dengan waktu yang cepat mungkin. Jika keinginan masyarakat tersebut tidak dikabulkan, maka pihaknya dan massa akan melakukan aksi yang lebih besar lagi.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh peserta aksi lainnya, yaitu Rosma seorang ibu rumah tangga. Rosma menbenarkan hal yang di sampaikan Sayuti jika mereka memberikan waktu kepada Pemerintah Kabupaten Muarojambi selama 15 hari kerja, untuk mengabulkan permintaan atau tuntutan dari para peserta aksi tersebut.

Kedatangan warga maysarakat Sungai Bungur tersebut pun diterima langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muarojambi beserta rombongan.

Kepala Dinas PMD Muarojambi, Syaifullah mengatakan jika salah satu yang menjadi tuntutan warga adalah pihak Pemkab untuk memproses atau memberhentikan Kepala Desa Sungai Bungur. Namun jika berbicara tentang Proses Pemberhentian seorang Kepala Desa itu, tentu perlu kajian-kajian hukum, tahapan dan regulasi apa yang harus ditempuh untuk memberhentikan Kades. Syaifullah juga mengatakan jika pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut dan akan panggil kades nya untuk di mintai keterangan terkait keluhan yang telah disampaikan oleh warganya tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *