Tingkatkan Pendapatan Melalui Pajak Sarang Burung Walet, Pemkab Sarolangun Targetkan 3 Juta Tahun Ini

Tingkatkan Pendapatan Melalui Pajak Sarang Burung Walet, Pemkab Sarolangun Targetkan 3 Juta Tahun Ini

Jambitoday – Pada beberapa kecamatan di Kabupaten Sarolangun para pemilik sarang burung walet  sudah mulai menyetorkan pajak pendapatan daerah.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Sarolangun, Emalia Sari menyampaikan meski belum menyumbangkan pajak maksimal namun penagihan mulai berjalan bulan Oktober 2023 ini. Sehingga untuk saat ini Dinas terkait sudah bisa melakukan penagihan terhadap pajak burung wallet yang mana sebelumnya sudah di komunikasikan dan di respon dari para pemilik sarang burung walet dengan sangat baik.

Emalia Sari juga mengharapkan kedepan pihaknya akan berupaya meningkatkan pendapatan melalui pajak sarang burung walet tersebut. Namun saat ini pihaknya hanya menargetkan pajak sebesar Rp 3 juta di tahun 2023. Emilia Sari juga menyampaikan harapannya mudah-mudahan kedepan kita bisa meningkatkan targetnya lagi, karena berdasarkan kordinasi yang sudah di sepakati, para pemilik sarang burung walet bersedia bayarkan untuk target 2023 ini Insyaallah mereka akan tercapai.

Emalia Sari memastikan beberapa pemilik sarang burung walet tersebut beberapa terdapat di Kecamatan Singkut dan Kecamatan Sarolangun, meskipun tak di jeaksan secara mendetail berapa jumlah pemilik sarang burung walet yang bersedia membayarkan pajak untuk daerah. Emilia juga menyampaikan ada beberapa tempat di Singkut dan Sarolangun yang memang berpotensi dan mereka welcome terhadap BPPRD untuk membayarkan pajak mereka. Untuk penagihan juga sudah dilakukan dibulan Oktober ini dan akan di buat penetapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *