Uang Pengganti Kerugian Negara Rp 3,4 Miliar Diterima Kejari Muarojambi

Jambitoday – Uang sejumlah 3,4 Milar yang merupkan uang pengganti kerugian negara di kembalikan oleh Direktur Utama PT Lince Romauli Raya, Tonggung Napitupulu, terpidana kasus pengerukan alur pelayaran Pelabuhan Talang Duku.

Pada Kamis, 01 Februari 2024 sejumlah uang pengganti kerugian negara terseut diserahkan oleh pihak keluarga terpidana Tonggung Napitupulu dan diterima oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muarojambi.

Kajari Muarojambi, Kamin membenarkan bahwa uang pengganti kerugian negara dari terpidana Tonggung Napitupula itu telah diterima oleh Kejari Muarojambi. Kamin menjelaskan jika awalnya terpidana menolak untuk membayar uang pengganti kerugian negara sebagaimana diputuskan oleh pengadilan, namun akhirnya terpidana bersedia untuk membayarnya. Sebab jika tidak mau membayar pihak kejaksaan akan melakukan sita terhadap harta kekayaannya.

Kamin juga mengatakan jika uang pengembalian kerugian negara sebabnyak RP 3,4 milia itu akan disetor ke kas negara yaitu melalui Bank BRI. Sehingga uangnya akan di setorkan ke kas negara melalui Bank BRI.

Tonggung Napitupulu divonis bebas oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Tipikor) Jambi. Tonggung Napitupulu dinyatakan tidak terbukti bersalah sebagaimana yang dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Namun Mahkamah Agung (MA) menerima permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Muarojambi dan membatalkan putusan Pengadilan Tipikor Jambi tanggal 30 Mei 2013. Putusan kasasi tersebut diambil dalam musyawarah majelis hakim dengan ketua Artidjo Alkostar, dengan anggota Mohamad Askin dan hakim adhoc Ms. Lumme, dengan panitera Siti Rochmat Setyawati. Oleh sebab itu, MA menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana selama 6 tahun, dan denda sebesar Rp 200 juta. Dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

Terdakwa dengan pidana tambahan berupa uang pengganti sebesar Tp 5,3 M. Apabila tidak dibayar paling lama dalam 1 bulan susudah putusan ini mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa untuk membayar uang pengganti, apa bila tidak mencukupi diganti dengan pidana penjara selama 3 tahun. MA menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangi seluruh dari pidana yang dijatuhkan, dan memberintahkan supaya terdakwa ditahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *