Berita  

Waspada ISPA, Puskesmas di Tanjung Jabung Timur Diminta Antisipasi

Waspada ISPA, Puskesmas di Tanjung Jabung Timur Diminta Antisipasi

Jambitoday – Berbagai antisipasi dilakukan Dinas Kesehatan setempat dilakukan, Salah satunya upaya mengantisipasi polusi udara terkait kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Meskipun sebenarnya kualitas udara di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi masih dalam kategori sehat.

Antisipasi di lakukan agar hal terburuk yang berkaitan dengan kesehatan tidak semakin parah menjangkit masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjung Jabung Timur telah menyiapkan berbagai pelajaran medis, obat-obatan dan memberikan imbauan serta pemahaman kepada masyarakat, agar bisa menjaga kesehatan di tengah kondisi seperti saat ini.

Sekretaris Dinkes Tanjab Timur, Jumati mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan petugas Puskesmas yang ada untuk mengantisipais kondisi udara yang terjadi saat ini. Seluruh petugas Puskesmas yang ada diimbau untuk memberikan instruksi bagi masyarakat sekitar agar bisa mengurangi aktifitas di luar ruangan dan menggunakan masker saat hendak berpergian.

Dinas Kesehatan juga melakukan kordinasi rutin dengan pihak BPBD dan DLH Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk mengamati perubahan kualitas udara yang setiap harinya berganti-ganti. Ancaman penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) ini menjadi perhatian kita bersama. Hingga saat ini, peningkatan penyakit dampak kabut asap ini belum ada di wilayah Tanjung Jabur Timur.

Sekdis, Bu Uma mengatakan bahwa tabung oksigen di setiap Puskesmas di kabupaten ini juga sudah disiagakan, untuk mengantisipasi jika ada gangguan pernapasan yang menjangkit masyarakat akibat menurunnya kualitas udara. Pihaknya juga sudah mensuplai masker ke pihak BPBD untuk nantinya dibagikan ke beberapa tempat.

Mengingat stok masker yang ada di Dinkes Kabupaten Tanjung Jabung Timur cukup memadai, ke depan pemberian masker ini akan lebih digencarkan, terlebih disaat kualiatas udara akibat kabut asap ini semakin mengkhawatirkan. Salah satu fokus pemberian masker ini yaitu di sekolah dan wilayah yang terdampak kabut asap cukup parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *