4 Desa Wisata Terbaik dan Salah Satunya Dekat Dengan Pusat Kota Jambi

4 Desa Wisata Terbaik dan Salah Satunya Dekat Dengan Pusat Kota Jambi

Jambitoday – Empat desa wisata yang di miliki oleh Provinsi Jambi menjadi desa wisata unggulan yang masuk dalam jejaring desa wisata (Jadesta), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), salah satu dari desa wisata tersebt berada dekat dari pusat kota.

Sesungguhnya desa wisata di Provinsi Jambi bukan hanya empat, namun ada sekitar 100 desa yang masuk dalam jajaran nominasi 100 desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021. 100 nominasi desa tersebut memilki keunikan masing – masing, mulai dari alamnya, budayanya, serta peninggalan sejarah dan yang lainnya.

Namun dari 100 nominasi desa wisata tersebut hanya 4 yang terpilih menjadi desa wisata terbaik di Ptovinsi Jambi yang perlu untuk dikunjungi yakni :

  • Desa Wisata Muaro Jambi

Desa ini masuk dalam nominasi 100 desa wisata terbaik ADWI 2021. Pengembangan desa wisata ini dilakukan sejak 2017 oleh masyarakat dan pemerintah desa. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Jambi, yakni berada di Desa Wisata Muaro Jambi tepatnta dikawasan Cagar Budaya Muari Jambi. Desa ini memilki keunikan dan tidak terlepas dengan situs sejarah seperti seperti kanal kuno, Candi Muaro Jambi, Sungai Batanghari, dan rumah adat melayu kuno.

Desa Wisata Muaro Jambi juga punya potensi ekonomi kreatif (ekraf), berupa seni pertunjukan rebana siam, Tari Topeng, Tari Bayangan, pencak silat dan hadrah.

  • Desa Muara Madras

Desa ini berada di Desa Muara Madras, Kabupaten Merangin, yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan memukau. Selain itu jika kedesa ini seluruh jalan desa ditanami bunga-bunga. Ada beberapa ikon wisata dari Desa Muara Madras, di antaranya Luncak Goa Tirau, wisata air panas Hulu Mentenang, kebun jeruk Gerga, agro wisata lembah Mentenang dan Lubuk Larangan. Desa wisata ini juga memiliki produk ekraf yang cukup berkembang, yakni Kopi Jangkat.

  • Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur

Memilki alam yang masih asri dan dikelilingi panorama Bukit Barisan, serta beragam potensi yang telah dimanfaatkan dengan baik oleh warga Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi lempur, Kabupaten Kerinci.

Misalnya keberadaan Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Duo, Danau Kecil dan Danau Kaco yang ada di di desa ini. Kelima danau tersebut telah diberdayakan masyarakat setempat sebagai paket wisata ekspedisi lima danau selama tiga hari.

Masyarakat setempat juga memanfaatkan Sungai Larangan yang ada di desa untuk membuat paket wisata arung jeram. Eksotisme Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur ini makin sempurna dengan dikelolanya situs sejarah yang ada di desa tersebut.

  • Desa Wisata Pentagen

Kreativitas membawa Desa Wisata Pentagen masuk dalam 500 besar ADWI 2021. Desa yang terletak di Kabupaten Kerinci ini berhasil mengelola potensi wisata dengan sangat baik. Berbekal Dana Desa 2017, Desa Wisata Pentagen berhasil menyulap embung desa menjadi lahan outbond bernama Taman Pertiwi.

Di lokasi ini terdapat wahana flying fox, sepeda gantung, hammock, dan sepeda air untuk menarik minat wisatawan berkunjung. Untuk wisata budaya, Desa Wisata Pentagen Jambi memiliki beberapa seni pertunjukan unik dan ritual adat antara lain Tarian Panggilan Jihad, Kenduri Pemimpin Adat, Kenduri Seko, Ngihit Pamun dan Qadam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *