Anies Baswedan Berkunjung Ke Jambi dan Dengarkan Keluhan Pedagang di Pasar Angso Duo

Anies Baswedan Berkunjung Ke Jambi dan Dengarkan Keluhan Pedagang di Pasar Angso Duo

Jambitoday – Kamis, 14 Desember 2023 Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan berkunjung ke Jambi, dimana salah satu agendanya adalah mendatangi Pasar Angso Duo, Kota Jambi.

Kedatangan Anies Baswedan tersebut dalam rangka berdialog dengan para pedagang di Pasar Angso Duo. Tidak hanya itu, Anies juga sempat membeli beberapa komoditas yang dijual oleh para pedagang di sana.

Anies Baswedan mengatakan bahwa para pedagang mengeluhkan harga kebutuhan pokok yang melonjak, sehingga jumlah pembeli dan omset penjualan mengalami penurunan. Menjelang akhir tahun harga bahan pokok bisa lebih tinggi, sementara volume penjualannya menjadi menurun yang awalnya satu kilogram menjadi setengah. Anis Baswedan juga menegaskan karena omset yang menurun Inilah masalah yang akan pihaknya selesaikan nantinya.

Anis Baswedan yang juga merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan jika permasalahan kebutuhan pokok menjadi salah satu prioritas dari pasangan AMIN dan segera membuat tim khusus untuk menyelesaikannya. Pihak juga mengatakan dengan meningkatnya permintaan namun produksi nya menurunlah yang mengakibatkan harga melonjak. Maka solusi dalam mengatasi persoalan tersebut adalah dengan cara meningkatkan produksi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa saat ini para pedagang sangat memerlukan bantuan permodalan, karena kondisi yang sulit sehingga sebagaian pedagang terjebak pinjaman. Ada yang sampai meminjam ke rentenir dengan pinjam empat dibalikin jadi tujuh.

Anis Baswedan menyampaikan jika saat ini Koperasi adalah solusi agar para pedagang dapat dengan mudah mendapatka modal. Sehingga Anis Baswedan pun menyampaikan kepada pihak pasar agar segera membentuk koperasi melihat di pasar ini ada sekitar 2.000 orang pedagang. Jika ada koperasi, perbankan dan pemerintah dapat menyalurkan bantuan dengan skala besar dan bisa dikelola dibandingkan menyalurkan bantuan kepada setiap individu. “Koperasi nantinya di harapkan agar para pedagang tidak lagi terjebak pada pinjaman online dengan hadirnya koperasi di tengah masyarakat,” tutup Anis Baswedan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *