Bantuan Perbaikan Rumah Tak Layak Akibat Bencana Di Siapkan Oleh Disperkim Sarolangun

Bantuan Perbaikan Rumah Tak Layak Akibat Bencana Di Siapkan Oleh Disperkim Sarolangun

Jambitoday – Beragam program untuk membantu terwujudnya tempat tinggal yang layak bagi masyarakat di Kabupaten Sarolangun telah di siapkan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Adapun program perumahan tersebut, diantaranya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Bantuan Dua Milyar Satu Kecamatan (Dumisake) dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Kepala Disperkim Sarolangun, Tarmizi menyampaikan jika Disperkim memfasilitasi dan membantu kelancaran pelaksanaan dilapangan, namun untuk masalah keuangan sendiri langsung kepada yang bersangkutan (pusat dan provinsi).

Tarmizi menambahkan jika dananya hampir sama antara program BSPS dengan Dumisake itu sekitar Rp20 juta yang langsung diserahkan kepada masyarakat yang rumah nya betul-betul tidak layak agar menjadi layak.

Disperkim Sarolangun juga memiliki program lainnya. Yakni program Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang bertujuan membantu rumah tak layak akibat bencana banjir atau puting beliung. Dimana pada tahun ini ada dua rumah yang bisa dianggarkan untuk pembangunan rumah yang merupakan korban bencana. Nanti Disperkim akan kerjasama dengan BPBD untuk mendata rumah korban bencana sekitar Rp35 juta satu rumah.

Adapun program lainnya, Disperkim Sarolangun akan membantu penyediaan rumah bagi keluarga miskin ekstrem. Program ini ada kerjasama dengan dinas sosial, data dari dinas sosial pelaksanaan menyangkut rumah ada di Disperkim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *