Daftar 6 Menteri Terkaya pada Kabinet Indonesia Maju

Daftar 6 Menteri Terkaya pada Kabinet Indonesia Maju

Jambitody – Publik mulai menyoroti para Menteri di kabinet Indonesia Maju yang selalu menjadi subjek perhatian termasuk jumlah kekayaan mereka. Berdasarkan LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tercatat ada beberapa menteri di kabinet Indonesia Maju yang memiliki kekayaan mencapai triliunan rupiah dan dijuluki sebagai menteri terkaya.

Berikut adalah daftar 6 Menteri terkaya pada kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, yaitu :

  1. Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman adalah seorang pengusaha sukses yang kini menjabat sebagai Menteri Pertanian sejak tahun 2023. Andi Amran Sulaiman tercatat memiliki kekayaan senil Rp1.191.638.824.880. Jumlah tersebut mencerminkan nilai aset, investasi dan kepemilikan yang dimilikinya pada saat ini.

  1. Prabowo Subianto

Sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) yang dilantik pada tahun 2019, Prabowo Subianto Djojohadikusumo tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp2.034.395.519.335. Kekayaan Prabowo Subianto berasal dari bisnis-bisnis di berbagai sektor yang telah ia jalani sejak masih aktif di militer.

  1. Erick Tohir

Menjabat sebagai menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, adalah seorang pendiri dari Mahaka Group yang kemudian ikut terjun ke dunia politik. Pada tahun 2022, Erick Tohir tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp2.303.835.823.202 yang bersumber dari investasi, properti, dan juga kerajaan bisnisnya.

  1. Sakti Wahyu Trenggono

Sakti Wahyu Trenggono, adalah seorang pengusaha dan politikus yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak tahun 2020 menggantikan Edhy Prabowo. Jumlah harta kekayaan Sakti Wahyu Trenggono yang tercatat di portal KPK adalah senilai Rp3.041.418.703.970.

  1. Nadiem Anwar Makarim

Dikenal sebagai mantan CEO Gojek, sebuah perusahaan jasa transportasi yang ia bangun sejak tahun 2011, Nadiem Anwar Makarim masuk pemerintahan pada tahun 2019 menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud). Berkat bisnisnya yang sangat sukses, jumlah kekayaan Nadiem Anwar Makarim tercatat senilai Rp4.871.469.603.758.

  1. Sandiaga Salahudin Uno

Sandiaga Salahuddin Uno, pernah mencalonkan diri menjadi calon presiden pada tahun 2019 dan kini menjabat sebagai menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Berprofesi sebagai seorang pengusaha, politikus, dan juga content creator, Sandiaga Salahudin Uno tercatat memiliki kekayaan senilai Rp10.997.005.532.236.

Ke enam Mentri tersebut meskipun memiliki kekayaan yang sangat besar, namun para menteri diharapkan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan integritas yang tinggi, transparan dan fokus pada kepentingan rakyat. Kesuksesan mereka dalam keuangan hanya akan berarti jika sesuai dengan dampak positif yang diciptakan dalam kehidupan rakyat Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *