Jembatan Yang Memiliki Panjang 503 Meter Menjadi Ikon Provinsi Jambi

Jembatan Yang Memiliki Panjang 503 Meter Menjadi Ikon Provinsi Jambi

Jambitoday – Memiliki panjang 503 meter dan lebar 4,5 meter Jembatan ini menjadi salah satu ikon Provinsi Jambi. Lokasinya jembatan ini berada di Kota Jambi yang membelah Sungai Batanghari dan diperuntukkan khusus bagi pejalan kaki.

Pada pembangunan jembatan ini bersumber dari dana APBD Provinsi Jambi dengan nilai mencapai Rp 88,7 miliar. Jembatan ini menghubungkan dua wilayah Kota Jambi yang terpisahkan oleh sungai Batanghari, yakni wilayah pusat kota dengan Jambi Kota Sebrang.

Jembatan pendestian ini diberinama Jembatan Gentala Arasy. Posisi jembatan ini tempat berada di depan rumah Dinas Gubernur Jambi, Jalan Raden Pamuk, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Pemandangan jembatan yang dikhususkan untuk pejalan kaki ini akan sangat indah jika kita menikmatinya di sore hari.

Para pejalan kaki bisa langsung berjalan di atas jembatan ini hingga ke bagian ujung, dan nantinya akan bertemu menara jam serta taman. Para pengunjung juga bisa menikmati jajanan yang banyak dijual pedagang di sekitar jembatan, seperti jagung bakar, bakso dan es tebu.

Jembatan Gentala Arasy adalah jembatan pedestrian pertama yang memiliki kontur meliuk seperti huruf S sehingga berbeda dengan jembatan pada umumnya. Jembatan ini diresmikan pada Maret 2015 dan diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *