Miliki Puluhan Aset Tanah Senilai Ratusan Miliar, Harta Puan Maharani Tujuh Kali Lipat Lebih Banyak Dari Harta Jokowi

Miliki Puluhan Aset Tanah Senilai Ratusan Miliar, Harta Puan Maharani Tujuh Kali Lipat Lebih Banyak Dari Harta Jokowi

Jambitoday – Puan Maharani, Ketua DPR RI yang merupakan cucu presiden pertama Indonesia dan anak presiden perempuan satu-satunya yang pernah dimiliki Indonesia ternyata memiliki harta kekayaan ratusan miliar. Berdasarkan e-lhkpn.kpk.go.id tercatat bahwa harta kekayaan Puan Maharani pada tahun lapor 2022, setengah triliun rupiah. Harta kekayaan Puan jauh di atas harta kekayaan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Nilai harta kekayaan Puan Maharani per tahun lapor 2022, mencapai nilai Rp Rp495 miliar.

Ketua DPR RI, Puan Maharani dengan nilai kekayaan yang tercatat tersebut telah menjadi salah satu figur publik dengan aset pribadi terbesar di Indonesia. Puan Maharani telah menjabat sebagai Ketua DPR RI sejak tahun 2019.

Namun ada lonjakan signifikan pada total kekayaannya dalam tiga tahun sejak pengangkatan. Dalam laporan LHKPN tahun 2019, tercatat total kekayaan Puan Maharani sebesar Rp364,499 miliar. Namun, pada tahun 2022 kekayaannya meningkat hingga mencapai Rp495 miliar.

Pada tahun yang sama, harta kekayaan Presiden Joko Widodo tercatat sebesar Rp71,47 miliar, sangat jauh jika dibandingkan dengan Puan Maharani. Salah satu hal yang menjadi sorotan dari harta kekayaan Puan Maharani adalah jumlah tanah yang dimilikinya. Dalam tiga tahun menjabat, jumlah tanah yang dilaporkan meningkat drastis, dari 75 wilayah menjadi 94 wilayah bernilai Rp197,92 miliar. Sehingga hal ini menunjukkan akuisisi aset yang signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Adapun berikut daftar kekayaan Puan Maharani yang tercatat. Selain tanah Puan Maharani juga memiliki bebera harta lainnya, seperti :

  1. Alat transportasi dan mesin yang bernilai Rp1.530.000.000 miliar
  2. Harta bergerak bernilai Rp5.000.000.000
  3. Surat berharga bernilai Rp235.998.518.139
  4. Kas dan setara kas bernilai Rp89.378.823.256

Total kekayaan Puan Maharani mencapai Rp529.827.073.495. Namun, Puan Maharani juga tercatat memiliki hutang sebesar Rp34,82 miliar, sehingga total akhir harta yang terhitung adalah Rp495 miliar. Hingga artikel ini di buat menurut laman elhkpn.kpk.go.ig belum mencatat adanya laporan kekayaan Puan Maharani di tahun 2023 dan 2024, sehingga masih ada ruang untuk peningkatan jumlah harta yang dimilikinya.

Dengan total kekayaan yang mencapai Rp495 miliar, Puan Maharani tidak hanya menonjol sebagai Ketua DPR yang memiliki aset yang besar, tetapi juga menggaris bawahi pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam kepemimpinan publik.

Jumlah properti yang dimiliki Puan Maharani, mencerminkan tanggung jawab dan kepercayaan publik yang besar yang diberikan kepadanya. Namun, keberadaan kekayaan ini juga memicu pertanyaan tentang sumber dan transparansi dari pendapatan dan investasinya. Oleh karena itu, penting bagi publik untuk publik perlu untuk mengamati dan memastikan bahwa kekayaan yang dimiliki oleh para pemimpin mencerminkan integritas dan pelayanan yang sesuai dengan kepentingan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *