Pemkab Muarojambi Siap Menjadi Tuan Rumah FASI Tingkat Provinsi

Pemkab Muarojambi Siap Menjadi Tuan Rumah FASI Tingkat Provinsi

Jambitoday – Pada perhelatan akbar Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muarojambi siap menjadi tuan rumah. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Muarojambi.

Ketua BKPRMU Kabupaten Muarojambi, Hendri menyampaikan bahwa kegiatan FASI Tingkat Provinsi Jambi kali ini nantinya akan digelar di wilayah Kecamatan Mestong Muarojambi. Tempatnya di Pondok Pesantren Daarul Ikhsan Kecamatan Mestong. Hendri menyampaikan jika persiapan untuk kegiatan FASI ini sudah mencapai 85 persen. Seluruh persiapan akan terus disiapkan oleh panitia sampai dengan waktu kegiatan ini dimulai.

Peserta yang datang dari berbagai Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi yang nantinya akan menunjukkan kebolehannya di ajang bergengsi tersebut di lokasi acara di Ponpes Daarul Ikhsan Mestong.

Hendri menjelaskan jika kegiatan Festival Anak Sholeh Indonesia ini nantinya akan memperlombakan berbagai macam perlombaan yang diantaranya, lomba Tartil Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, Nasyid Islami, Azan dan Iqomah, Peragaan Sholat, Cerdas Cermat Al-Qur’an dan berbagai perlombaan lainnya. Festival Anak Sholeh Indonesia ini bertujuan untuk menanamkan rasa keimanan dan ketaqwaan para peserta lomba kepada Allah SWT. Selain itu diharapkan juga dapat mengembangkan kemampuan dalam baca tulis Al-Qur’an serta dapat mengamalkannya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Muarojambi, Buya Nahri menyampaikan bahwa untuk mensukseskan kegiatan FASI ini Pemerintah Kabupaten Muarojambi mengeluarkan anggaran dana sekitar Rp 185 juta. Sejumlah anggarannya tersebut dan uangnya sudah di berikan kepada Ketua dan Pengurus BKPRMI Muarojambi. Untuk detail penggunaannya, ketua nya dan pihak penyelenggara lah yang nantinya yang akan bertanggungjawab dan mempersiapkan SPJ nya.

Buya Nahri menyampaikan jika Pemkab Muarojambi turut berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan FASI kali ini, apalagi pada tahun ini Wilayah Kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai ini ditunjuk sebagai tuan rumah. Buya Nahri juga mengatakan jika dalam kegiatan FASI tahun ini ada yang terbaru dan ini merupakan yang pertama kali di Wilayah Provinsi Jambi, yaitu khusus untuk suku Anak Dalam. Dimana suku anak dalam ini diikuti oleh kurang lebih peserta dari 5 Kabupaten dalam provinsi Jambi, yaitu suku anak dalam dari Kabupaten Muaro Jambi, suku anak dalam dari Kabupaten Batang Hari, suku anak dalam dari kabupaten Tebo, suku Anak Dalam dari Kabupaten Merangin dan suku anak dalam dari Kabupaten Sarolangun.

Perlombaan yang dikhususkan untuk Suku Anak Dalam ini adalah lomba adzan, surah-surah pendek dan lomba lomba lainnya.

Nantinya kegiatan FASI tingkat Provinsi Jambi tersebut akan dihadiri oleh Bupati Muarojambi dan akan dibuka langsung oleh gubernur provinsi Jambi, Al Haris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *