Sertifikat Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan RI Diterima Oleh Kabupaten Muarojambi

Sertifikat Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan RI Diterima Oleh Kabupaten Muarojambi

Jambitoday – Sertifikat bebas Frambusia di berikan kepada Kabupaten Muarojambi sebagai penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Kabupaten Muarojambi menjadi salah satu dari 99 Kabupaten/Kota di Indonesia yang mendapatkan sertifikat bebas Frambusia dari Kemenkes.

Sertifikat bebas Frambusia tesebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Muarojambi, Bachyuni Deliansyah.

Bachyuni Deliansyah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam penanganan penekanan kasus Frambusia di wilayah Kabupaten Muarojambi. Serta ungkapan terimakasih atas sinergi semua pihak yang telah mewujudkan Kabupaten Muarojambi menjadi daerah yang dinyatakan bebas dari Frambusia. Bachyuni Deliansyah juga menyampaikan bahwa sertifikat ini didapatkan karena adanya kolaborasi bersama semua pihak, sehingga Kabupaten Muarojambi dinyatakan bebas Frambusia.

Bachyuni Deliansyah juga mengatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk tetap dapat mempertahankan status Kabupaten Muarojambi yang bebas dari penyakit Frambusia. Pemkab Muarojambi akan terus berupaya untuk menuntaskan penyakit menular lainnya, agar dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Muarojambi yang sehat.

Berbagai upaya di lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Muarojanmbi bebas Frambusia. Salah satunya, dengan melakukan skrining kesehatan secara rutin terhadap anak-anak di Posyandu serta pemeriksaan kesehatan di Sekolah Dasar.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi berpesan bahwa penyakit tropis terabaikan atau Neglected Tropical Deseases (NTDs) lantaran disebabkan oleh patogen dan untuk menghadapi penyakit ini ada sejumlah cara yang dilakukan. Sehingga prokesnya harus di jaga, surveillansnya mestinya bagus, kalau ada vaksin kita kasih vaksin dan perawatannya atau obat-obatannya.

Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Syahid Jaya Jakarta Selatan pada Rabu siang 06 Maret 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *