Tips Aman Gunakan Listrik Selama Ramadhan Dari PLN UID S2JB

Jambitoday – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UID S2JB) ajak masyarat untuk lebih memperhatikan keamanan penggunaan listrik jelang bulan suci Ramadhan, guna mencegah konsleting dan mendukung kenyamanan ibadah selama Ramadhan.

PLN UID S2JB mencatat terjadi perubahan pola pemakaian listrik berdasarkan pemantauan tahun lalu. Pemakaian listrik yang tinggi terjadi pada pukul 17.30 – 20.30 karena adanya aktivitas berbuka puasa dan ibadah tarawih, serta pada pukul 03.30 – 04.30 saat waktu sahur.

General Manager PLN UID S2Jb, Adhi Herlambang mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati saat menggunakan listrik di waktu-waktu tersebut. Setelah sahur biasanya masih mengantuk, ada potensi lupa mengecek kondisi listrik. Untuk menghindari konslet dan kebakaran, Adhi Herlambang mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati.

Dalam upaya memastikan keamanan dan kenyamanan di Bulan Ramadhan, PLN UID S2JB membagikan tips penggunaan listrik sebagai beriku :

  1. Cabut stop kontak alat elektronik jika sudah tidak digunakan.
  2. Pastikan alat elektronik serta instalasi listrik di dalam rumah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang bisa didapatkan dari hasil inspeksi Lembaga Inspeksi Teknik terdaftar.
  3. Gunakan kompor induksi untuk memasak lebih cepat dan ringkas saat berbuka dan sahur.
  4. Gunakan listrik sesuai daya yang terpasang.
  5. Jangan mengambil atau menyambung listrik dari tiang untuk menambah daya listrik di rumah karena bisa menyebabkan tersengat dan menimbulkan kebakaran.
  6. Khusus untuk pelanggan pascabayar, dianjurkan bayar tagihan listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar terhindar dari sanksi denda dan pemutusan.
  7. Bagi pelanggan prabayar, diimbau untuk mengisi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar bisa dipakai sewaktu-waktu, terutama saat token habis di waktu sahur.
  8. Segera tambah daya secara resmi ke PLN, apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi
  9. Petugas PLN akan sigap menjaga keandalan listrik. Apabila terjadi gangguan listrik, laporkan melalui menu pengaduan di PLN Mobile, call center 123, atau unit layanan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *