Tuban Di Guncang Gempa Susulan 6,5 SR, Getaran Terasa Hingga Kalimantan Selatan

Tuban Di Guncang Gempa Susulan 6,5 SR, Getaran Terasa Hingga Kalimantan Selatan

Jambitoday – Pada Jumat, 22 Maret 2024, Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Tuban, Jawa Timur. Kali ini gempa terjadi lebih besar dengan magnitudo 6,5 SR.

Dari laman bmkg.go.id, gempa susulan tersebut terjadi pada Jumat pukul 15.52 WIB. Gempa terjadi di laut, 130 km timur laut Tuban, dengan kedalaman 10 km, namun tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut merupakan susulan dari gempa pertama pada pukul 11.22 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,0 SR. Gempa kedua terjadi pukul 12.31 WIB dengan magnitudo 5,3 SR. Getaran gempa juga terasa hingga wilayah Kalimantan Selatan.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan, Rasmid mengatakan gempa susulan terjadi di sebagian Pulau Jawa dan terasa hingga ke sejumlah wilayah di Kalimantan. Hasil pantauan terakhir pada pukul 16.52 Wita, gempa kembali terjadi di darat pada jarak 130 kilometer arah timur laut Tuban, Jawa Timur, pada kedalaman 10 kilometer.

Rasmid menyebutkan getaran gempa itu dirasakan hingga ke Kalsel yakni Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, dengan intensitas III-IV MMI yaitu getaran gempa dirasakan oleh semua orang secara nyata di dalam rumah hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

Gempa juga dirasakan di Kalimantan Tengah (Kota Sampit), Kalimantan Timur (Kota Balikpapan), Tanah Grogot, Blora, Madura, Gresik, Surabaya, Mojokerto, Malang, Lumajang, Madiun, Nganjuk, Pasuruan, Jepara, Rembang, Demak, dan Kudus.

Di Kota Semarang (Jawa Tengah) dengan intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Sedangkan di Pacitan, Trenggalek, Blitar, Solo, Sleman, Yogyakarta, Kulonprogo, Kebumen, dan Temanggung dengan intensitas I-II MMI, getaran dirasakan nyata di dalam rumah seakan truk sedang berlalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *