Wisata Menakjubkan di Kabupaten Merangin Selain Geopark

Wisata Menakjubkan di Kabupaten Merangin Selain Geopark

Jambitoday – Selain geopark Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi memiliki wisata alam yang memesona dan sudah terkenal diseluruh dunia. Merangin juga memiliki wisata lainnya yang tak kalah menakjubkan dan layak untuk menjadi kawasan wisata unggulan di Kabupaten Merangin kedepannya.

Merangin terdapat banyak sekali desa – desa yang masih terbilang belum tersentuh pengaruh luar dan mengedepankan adat istiadat setempat. Diantaranya ada desa tertinggal dan layak serta berpotensi menjadi kawasan wisata.

Bupati Merangin, H Mukti menyampaikan bahwa ada satu desa didaerahnya yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan mempesona, yakni Desa Pulau Bayur Kecamatan Pamenang Selatan, merupakan desa tertinggal di Kabupaten Merangin, namun setelah potensinya digali ternyata kaya akan wisata alamnya.

H Mukti mengatakan jika Desa Pulau Bayur merupakan desa tertinggal yang saat ini menjadi desa wisata. Desanya bersih, ada goa dan air terjun. Selain itu H Mukti menjelaskan jika di desa tersebut terdapat goa yang menjadi tempat bersembunyinya masyarakat dari kejaran tantara Belanda pada zaman dahulunya.

Desa Pulau Bayur membelah sungai dan banyak terdapat sayur – sayuran, buah – buahan dan berbagai komoditi pertanian lainnya. Masyarakat Desa Pulau Bayur juga terkenal sangat ramah, sehingga siapa saja akan merasa nyaman di desa tersebut.

Desa Pulau Bayur menuju Kota Jambi sekitar 192 kilometer melalui perjalanan darat, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Sebelum ke Kabupaten Merangin, paling tidak melewati tiga kabupaten lain, diantaranya Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Sarolangun.

Namun. hingga saat ini, belum ada pesawat udara yang langsung menuju ke kabupaten tersebut, melainkan melalui Kabupaten Bungo atau Kota Jambi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *